Beranda | Artikel
Tafsir Surat Al-Balad Ayat 7 - Tafsir Al-Quran (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.)
Kamis, 21 September 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Zaen

Kajian Kitab Tafsir Al-Quran oleh: Ustadz Abdullah Zaen, M.A.

Pada kajian tafsir kali ini Ustadz Abdullah Zaen akan membawakan pembahasan tentang “Tafsir Surat Al-Balad Ayat 7“. Kajian ini beliau sampaikan pada Rabu malam, 29 Dzul Hijjah 1438 H/21 September 2017 M di Masjid Agung Darusalam, Purbalingga.

Download juga kajian sebelumnya: Tafsir Surat Al-Balad Ayat 6 – Tafsir Al-Quran

Pada ayat sebelumnya, Allah menyebutkan tentang dua penyakit yang sering menjangkiti manusia. Yaitu penyakit sombong karena fisik dan penyakit menghambur-hamburkan harta. Pada ayat ke-7 ini Allah menunjukkan solusi atau obat untuk menyembuhkan kedua penyakit tersebut. Allah Subhana wa Ta’ala berfirman:

أَيَحْسَبُ أَن لَّمْ يَرَهُ أَحَدٌ ﴿٧﴾

“Apakah dia menyangka bahwa tiada seorangpun yang melihatnya?”(Q.S Al-Balad[90]: 07)

Inilah solusi ataupun obat untuk menyembuhkan kedua penyakit yang telah disebutkan pada ayat sebelumnya. Yaitu Muraqabatullah (Merasa Selalu Diawasi Allah). Seseorang ketika merasa diawasi oleh Allah tidak akan berbuat menurut kehendaknya sendiri. Muraqabatullah adalah pondasi seluruh amalan hati dan amalan lahir seorang hamba.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Simak dan Download mp3 kajian Tafsir Al-Quran: Tafsir Surat Al-Balad Ayat 7


Mari turut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi yang lainnya.

 


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/28773-tafsir-surat-al-balad-ayat-7-tafsir-al-quran-ustadz-abdullah-zaen-m/